Hasil Produk Jurnalistik

15 10 2009

Jurnalistik
Jurnalistik adalah bidang profesi yang mengusahakan penyajian informasi tentang kejadian dan atau kehidupan sehari-hari secara berkala, dengan menggunakan sarana-sarana penerbitan yang ada.

Surat Kabar / Koran
Surat kabar atau koran adalah Produk cetakan yang berisi berita, informasi, dan pendidikan yang terbit secara kontinyu yang biasanya harian. Ada juga yang berpendapat bahwa surat kabar adalah salah satu bentuk media cetak yang tidak dijilid, dalam ukuran normal tiap halaman terdiri 9 kolom. Ada yang terbit 8 halaman, 12 halaman, 16 halaman, dan ada yang lebih dari jumlah itu. Serta ada juga yang mengatakan Media komunikasi massa yang diterbitkan secara berkala dan bersenyawa dengan kemajuan teknologi pada masanya dalam menyajikan tulisan berupa berita, feature, pendapat, cerita rekaan, dan bentuk karangan yang lain. Tujuan dasar surat kabar adalah memperoleh berita dari sumber yang tepat untuk disampaikan secepat dan selengkap mungkin kepada para pembaca

Surat Kabar Elektronik
Surat kabar elektronik adalah surat kabar yang proses pengolahan dan penyajian informasi serta penerimaannya melalui elektronik atau dimassa sekarang lebih dikenal dengan istilah Internet.

Majalah
Majalah adalah kumpulan liputan berkala yang berisi bermacam-macam artikel dalam subyek yang bervariasi.
Majalah biasa diterbitkan mingguan, dwimingguan atau bulanan. Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang.

Tabloid
Tabloid sebenarnya adalah istilah suatu format surat kabar yang lebih kecil (597 mm × 375 mm) dari ukuran standar koran harian. Istilah ini biasanya dikaitkan dengan penerbitan surat kabar reguler non harian (bisa mingguan, dwimingguan, dll), yang terfokus pada hal-hal yang lebih, terutama masalah kehidupan selebriti/artis, olahraga poltik, ekonomi serta kriminal .

Buletin
Buletin adalah publikasi perusahaan dan organisasi yang mengangkat perkembangan suatu topik atau aspek tertentu dan diterbitkan secara teratur (berkala) dalam waktu yang relatif singkat (harian hingga bulanan). Buletin ditujukan kepada khalayak yang lebih sempit, yang berkaitan dengan bidang tertentu saja. Tulisan dalam buletin umumnya singkat dan padat, dimana digunakan bahasa yang formal dan banyak istilah teknis berkaitan dengan bidang tersebut. buletin biasanya adalah A4 (210 x 297 mm) atau eksekutif (7¼ x 10½ inci).Untuk buletin yang terbit secara berkala dalam jangka waktu sedang (1-2 bulan), biasanya diterbitkan dengan jumlah halaman agak tebal (36-120 halaman atau lebih ).

Tahap-tahap dari Produksi jurnalistik yang di teruskan menjadi produksi media massa

1. Sumber Bahan Berita
Dicari oleh wartawan berdasarkan fakta maupun opini yang sedang berkembang dimasyarakat untuk dicadikan berita, SBB didapat dengan menggunakan teknik wawanara dan menggunakan observasi serta dilengkapi dengan peralatan seperti kamera dan tape recorder.

2. Bahan Berita
Hasil wawancara wartawan yang berupa rekaman suara, catatan, foto dan video.

3. Naskah Berita
Dibuat dari hasil wawancara wartawan atau reporter dan ini merupakan hasil mentah dari bahan berita dan diberikan kepada redaktur.

4. Copy Berita
Merupakan hasil naskah berita dari beberapa reporter atau wartawan dan dapat dikatakan sebagai berita fit to print/siap cetak. Hasil ini diberikan kepada desk redaktur dan redaktur lay out

5. Dummy Berita Cetak
hasil mentah copy berita yang dibuat redaktur dan sudah dikoreksi.

6. Soft Dummy
Hasil dari dummy berita siap cetak yang telah diformat. Bentuknya bisa berupa cakram disk/CD.

7. Produksi Cetak
Ini merupakan hasil dari soft dummy siap cetak yang diproduksi oleh perusahaan percetakan dan diaplikasikan menjadi sebuah bentuk dari hasil produksi jurnalistik berupa :
 Surat Kabar / Koran
 Majalah
 Tabloid
 Buletin


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: